KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
Teknologi Informasi dan Komunkasi
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DAERAH KHUSUS IBUKOTA (DKI) JAKARTA
TAHUN
PELAJARAN 2012-2013
KISI-KISI PENULISAN SOAL
KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAAN 2012/2013
Jenjang Sekolah : SMP/MTs Alokasi
Waktu : 90
Menit Menit
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jumlah
Soal : 50 PG
Kelas : IX (sembilan)
Kurikulum Acuan :
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Standar Kompetensi
Lulusan
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kelas
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
|||||
1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di
masa mendatang
|
1. 1. Mengidentifikasi berbagai
peralatan teknologi informasi dan komunikasi
|
1.
Peralatan teknologi
informasi dan komunikasi
|
1.
Mengidentifikasi
peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang
|
VII/ 1
|
1.
Menyebutkan berbagai
peralatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari
|
PG
|
1,
|
|||||
1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam
kehidupan sehari-hari
|
1.
Peran teknologi
informasi dan komunikasi
|
2.
Menyebutkan peran teknologi informasi dan komunikasi di
berbagai bidang kehidupan
|
VII/ 1
|
1.
Menyebutkan peranan teknologi informasi dan komunikasi
dalam kehidupan sehari-hari
|
PG
|
2,
|
||||||
|
1.5.
Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi
|
1.
Dampak negatif
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
|
1.
Mengidentifikasi
dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
|
VII/ 1
|
1.
Menyebutkan dampak negatif dari penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari
|
PG
|
3,
|
|||||
2.
Mengenal operasi dasar
peralatan komputer
|
2. 1. Mengaktifkan komputer sesuai
prosedur
|
1.
Mengaktifkan komputer
sesuai prosedur
2.
Proses Booting
|
1.
Mengidentifikasi
tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
2.
Melakukan proses ”booting”
|
VII/ 1
|
1.
Menyebutkan langkah
mengaktifkan komputer sesuai dengan prosedur
2.
Menyebutkan istilah mengaktifkan komputer
|
PG
PG
|
4,
5,
|
|||||
2.3. Melakukan operasi dasar pada operating system dengan
sistematis
|
Sistem operasi
Pengelolaan file dan folder
|
1.
Menggunakan sistem
operasi (misalnya WindowsTM)
2.
Membuka program
pengelola file
|
VII/ 1
|
1.
Disajikan gambar,
peserta didik dapat menyebutkan beberapa system operasi yang ada di pasaran
saat ini
2.
Menyebutkan perangkat
lurnak yang digunakan untuk manajemen file pada salah satu sistem operasi
|
PG
PG
|
6,
7,
|
||||||
1.
Mempraktekkan
keterampilan dasar komputer
|
3. 1. Mengidentifikasi berbagai
komponen perangkat keras komputer
|
|
1.
Mengidentifikasi
perangkat keras
1.
CPU
2.
Monitor
3.
Key Board
4.
Printer
|
VII/ 2
|
5.
Disajikan gambar,
peserta didik dapat menunjukan perangkat keras sesuai dengan fungsinya
6.
Disajikan tabel, peserta didik dapat menyebutkan klasifikasi perangkat
lunak computer
|
PG
PG
|
8,
9,
|
|||||
3.2. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi
|
1.
Perangkat lunak
aplikasi (Application Software )
1.
Pengolah kata
2.
Pengolah angka
3.
Pengolah grafis
|
1.
Mengidentifikasi
berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata
2.
Mengidentifikasi
berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka
3.
Mengidentifikasi
berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis
|
|
4.
Menyebutkan beberapa
perangkat lunak program aplikasi
|
PG
|
10,
|
||||||
3.3.
Mengidentifikasi kegunaan dari beberapa program aplikasi
|
Kegunaan program aplikasi
1.
Pengolah kata
2.
Pengolah angka
3.
Pengolah grafis
|
5.
Menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program
aplikasi berbasis pengolah angka
6.
Menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program
aplikasi pengolah grafis
7.
Menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program
aplikasi presentasi/ multimedia
|
VII/ 2
|
1.
Menyebutkan salah satu
kegunaan perangkat lunak program aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
|
PG
|
11, 12
|
||||||
1. Menggunakan perangkat lunak pengolah kata
untuk menyajikan informasi
|
1.1. Mengidentifikasi menu dan
ikon pada perangkat lunak pengolah kata
|
1.
Mengidentifikasi ikon pada menu
|
2.
Tampilan ikon pada menu
|
VIII/ 1
|
3.
Menunjukan gambar ikon
pada menu pada program aplikasi pengolah kata
|
PG
|
13,
|
|||||
1.2. Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada perangkat
lunak pengolah kata
|
1.
Menjelaskan ikon pada
menu
|
Fungsi Menu dan Ikon
2.
Fungsi ikon pada menu
|
VIII/ 1
|
1.
Menjelaskan fungsi
ikon pada menu melalui gambar pada program aplikasi pengolah kata
|
PG
|
14,
|
||||||
1.4. Membuat dokumen pengolah kata sederhana
|
2.
Membuat dokumen baru
3.
Melakukan format teks
4.
Menyisipkan objek
5.
Mengatur format
Halaman
|
1.
Membuat dokumen baru
2.
Format teks
3.
Penyisipan tabel
4.
Penyisipan objek
5.
Format halaman
|
VIII/ 1
|
6.
Menyebutkan ciri file pada
salah satu program aplikasi pengolah kata
7.
Melalui tampilan
naskah, menyebutkan perintah/ikon yang
memberikan perubahan pada teks
8.
Menunjukan dengan cara
menyisipkan objek tabel
9.
Menunjukan dengan cara
menyisipkan objek gambar
10.
Menyebutkan teknik
pengaturan margin pada lembar kerja
|
PG
PG
PG
PG
PG
|
15,
16,
17,
18,
19,
|
||||||
1.
Menggunakan perangkat
lu nak pengolah angka untuk menyajikan informasi
|
1. Mengidentifikasi menu ikon pada perangkat lunak pengolah angka
|
1.
Tampilan ikon pada Menu
|
1.
Menampilkan ikon pada
menu
|
VIII/ 2
|
2.
Menunjukan gambar ikon
pada menu pada program aplikasi pengolah angka
|
PG
|
20,
|
|||||
|
1.
Membuat dokumen
pengolah angka sederhana
|
1.
Pengaturan lebar kolom
dan tinggi baris
2.
Letak data
3.
Format Bilangan
4.
rumus dan fungsi
logika
5.
Pengaturan Halaman
|
1.
Mengatur lebar kolom dan tinggi baris
2.
Meletakan data
3.
Mengatur format uang
4.
Menggunakan rumus dan fungsi logika
5.
Mengatur Halaman
|
VIII/ 2
|
6.
Menyebutkan langkah mengatur kolom dan baris dengan
menggunakan menu pada program aplikasi
pengolah angka
7.
Melalui tampilan tabel
perhitungan dapat :
1.
Menyebutkan tipe data
di pengolah angka
2.
Menyebutkan format
uang
3.Melalui tampilan gambar naskah, dapat menentukan rumus matematika
4.Melalui tampilan gambar naskah, dapat menentukanfungsi logika
5.
Melalui tampilan
gambar, dapat mentukan langkah mencetak dokumen
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
21,
22,
23,
24,
25,
26,
|
|||||
1.Memahami dasar-dasar penggunaan Internet/intranet
|
1.1. Menjelaskan pengertian Internet/Intranet
|
1.
Menjelaskan pengertian
intranet
2.
Menjelaskan pengertian
internet
|
Pengertian
internet/intranet
|
IX/ 1
|
Melalui tampilan gambar dapat menunjukan pengertian intranet dan pengertian internet
|
PG
|
27,
|
|||||
1.2. Mendeskripsikan dasar-dasar sistem jaringan di Internet/Intranet
|
3.
Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan intranet
4.
Menjelaskan
dasar-dasar sistem jaringan internet
|
Dasar-dasar
jaringan internet/intranet
|
IX/ 1
|
Melalui penunjukan tampilan gambar naskah, dapat menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet/intranet
Melalui penunjukan tampilan gambar, siswa dapat menyebutkan topologi
jaringan
Menyebutkan perbedaan dari kegunaan beberapa topologi jaringan
|
PG
PG
PG
|
28,
29,
30,
|
||||||
1.3. Mengenal ukuran kecepatan akses Internet
|
5.
Menjelaskan ukuran
kecepatan akses internet
6.
Mengidentifikasi
ukuran kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan
|
Ukuran
kecepatan akses internet
|
IX/ 1
|
Menyebutkan istilah ukuran
kecepatan akses internet berdasarkan perbandingan satuan ukuran kecepatannya
Menyebutkan ukuran-ukuran
kecepatan akses internet berdasarkan saluran yang digunakan
|
PG
PG
|
31,
32,
|
||||||
1.4. Mengidentifikasi perangkat keras yang
digunakan dalam akses Internet/Intranet
|
1.
Mengidentifikasi
perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
2.
Mengidentifikasi
perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses intranet
|
Persyaratan
Perangkat keras internet/intranet
|
IX/ 1
|
Melalui tampilan gambar, dapat menunjukan
perangkat keras beserta fungsinya untuk keperluan akses internet
Menyebutkan perangkat keras
beserta fungsinya untuk keperluan akses intrenet
|
PG
PG
|
33,
34,
|
||||||
1.5. Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan Internet/Intranet
|
1.
Menjelaskan beberapa
cara sabungan internet/intranet
|
Penyambungan
Internet/Intranet
|
IX/ 1
|
Menjelaskan beberapa cara sabungan internet
|
PG
|
35,
|
||||||
1.
Menggunakan
Internet untuk memperoleh informasi
|
2. 1. Mendemontrasikan akses internet sesuai dengan prosedur
|
Akses internet
1.
Perangkat
lunak yang digunakan untuk mengakses internet
2.
Menu dan
ikon yang digunakan untuk akses internet
3.
Penulisan
nama domain
4.
Membuka
akses internet
5.
Search engine
|
1.
Mengidentifikasi
perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses internet
2.
Mengidentifikasi
menu dan ikon untuk asks internet
3.
Mengidentifikasi nama domain internet
4.
Membuka akses internet
5.
Melakukan
pelacakan alamat Web melalui searchengine
|
IX/ 2
|
Menyebutkan dan
menunjukan shortcut perangkat lunak yang digunakan untuk akses internet
melalui gambar.
Menyebutkan menu dan ikon untuk akses internet
Mengartikan beberapa domain yang terdapat pada alamat web
Menyebutkan beberapa istilah yang digunakan dalam mengakses internet
Menyebutkan beberapa web yang menyediakan fasilitas mesin pencari
Menyebutkan istilah yang digunakan dalam pelacakan alamat web
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
36,
37,
38,
39, 40,
41,
42,
|
|||||
2.2. Mengidentifikasi beberapa layanan
informasi yang ada di internet
|
6.
Layanan
Internet
1.
Jenis
layanan internet
2.
Manfaat layanan
internet
7.
Mengakses
situs untuk memeproleh informasi
8.
Layanan
E-mail
9.
Layanan
Mailing List
|
10.
Mengidentifikasi
layanan yang ada di internet
11.
Mengidentifikasi
manfaat layanan internet
12.
Mengidentifikasi
perangkat luak untuk download
13.
Mengidentifikasi
layanan e-mail
14.
Mengidentifikasi
layanan mailing list
|
IX/ 2
|
Menyebutkan beberapa fasilitas layanan yang tersedia di internet
Menyebutkan beberapa pemanfaatan layanan internet pada kehidupan
sehari-hari
Menyebutkan perangkat lunak untuk proses download
Melalui gambar, peserta didik dapat menyebutkan langkah menggunakan email
Menyebutkan salah satu website yang menyediakan layanan mailing list
Melalui studi kasus cerita, peserta didik dapat menyebutkan fungsi
mailing list dalam kehidupan sehari-hari
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
43,
44, 45,
46,
47, 48,
49
50
|
||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar